0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Layanan e-KTP di Kecamatan Kembali Dibuka

timlo.net/daryono

Mobil Layanan Keliling Dispendukcapil di CFD

Solo – Mulai pertengahan bulan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo membuka kembali layanan pencetakan KTP elektonik (e-KTP) di kantor kecamatan. Pelayanan perekaman juga sudah kembali normal menyusul pulihnya server dan ketersediaan blangko.

“Mulai 14 September, Solo sudah mulai melakukan pencetakan KTP elektronik di kecamatan. Harapan kami, masyarakat yang belum mengurus e-KTP bisa mengurus di kecamatan masing-masing,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo, Suwarta saat ditemui di sela layanan mobil keliling Dispendukcapil di Car Free Day (CFD), depan Plasa Sriwedari, Minggu (27/9).

Menurut Suwarta, saat jumlah blangko e-KTP mengalami keterbatasan beberapa waktu lalu, pihaknya menarik pelayanan perekaman e-KTP dari kecamatan. Seluruh perekaman e-KTP dilakukan di Dispendukcapil.

“Sekarang alat ada, blangko juga ada sehingga bisa mencetak e-KTP di kecamatan. Supaya lebih cepat dan tidak antri,” ujar dia.

Selain membuka pelayanan di kecamatan, Dispendukcapil juga mengoperasikan satu unit mobil layanan Dispendukcapil. Setiap pelaksanaan CFD, mobil ini memberikan layanan kepada pengguna CFD yang ingin mengurus berbagai layanan catatan sipil.

“Mobil ini rutin di CFD. Bisa untuk pelayanan KK (kartu keluarga), KTP elektronik, akta kelahiran maupun akta kematian. Di sini langsung jadi dan tidak perlu antri,” jelas dia.

Alan Yulian (25), warga Kadipiro, sengaja mengurus akta kelahiran anaknya di mobil keliling Dispendukcapil. Sebelum mengurus di mobil keliling, ia terlebih dulu melengkapi berbagai syarat yang diperlukan.

“Tadi ngurus akta sekalian buat e-KTP. Kelebihannya langsung jadi. Kalau di kecamatan kan harus antri,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge