0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dampak Kabut Asap, Puluhan Ribu Warga Riau Kena ISPA

dok.merdeka.com

Kabut asap di Riau

Timlo.net – Kondisi udara di Riau kian memburuk. Sebanyak 34.846 jiwa terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Berdasarkan laporan BMKG pada Sabtu (26/9), Indeks Standard Pencemaran Udara (ISPU) di beberapa kota di Riau berada pada level berbahaya, seperti kota Pekanbaru 401, kabupaten Kampar 419, Bengkalis 429, dan Siak 527. Nilai ini jauh di atas ambang batas minimum level berbahaya yaitu 350.

“Kualitas udara tersebut berkorelasi dengan jarak pandang. Setelah diamati, kabut asap sangat pekat dan siang hari cuaca terlihat kuning kecoklatan. Jarak pandang di Pekanbaru 500 meter,” ujar Kepala Pusat Bidang Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut Sutopo, kualitas udara yang buruk demikian berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Akibatnya, penderita ISPA setiap hari semakin bertambah, hari ini di Pekanbaru terdapat 34.846 jiwa menderita ISPA.

“Operasi darurat asap masih dilakukan, baik melalui udara, darat, penegakan hukum dan sosialiasi. Namun kebakaran masih terus berlangsung,” jelas Sutopo.

Menyikapi pekatnya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau, Sutopo mengatakan hal itu dipengaruhi dua faktor penyebab.

“Pertama, api lama yang sudah padam, menyala kembali karena ada di lahan gambut. Yang kedua adalah dibakar lagi. Berdasarkan laporan di lapangan maupun pantauan satelit terlihat bahwa titik-titik api ada di daerah baru maupun daerah lama,” jelas Sutopo.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge