0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada, Rekap Suara Dari TPS Langsung ke PPK

foto: Daryono

Pata Hindra Aryanto

Solo – Proses rekapitulasi penghitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) diperpendek. Dari tempat pemungutan suara (TPS), rekapitulasi suara langsung dibawa ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tanpa melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Untuk Pilkada ini formatnya memotong birokrasi. Dengan langsung dibawa ke PPK, tanpa melalui PPS, rekapitulasinya lebih cepat,” kata Komisioner Divisi Pemantauan Pemungutan dan Pengitungan Suara dan Informasi KPU Solo, Pata Hindra Aryanto, kepada wartawan, Sabtu (26/9).

Menurut Pata, pemangkasan rekapitulasi di tingkat PPS dilakukan lantaran peserta Pilkada tidak banyak seperti halnya pemilihan legislatif. Tidak adanya sistem daerah pemilihan (Dapil) dalam Pilkada juga menjadi alasan dipotongnya birokrasi rekapitulasi suara di tingkat PPS.

“Kalau di pileg kan banyak peserta, kalau disentralkan di kecamatan akan crowded. Kalau ini, saya yakin tidak akan crowded,” ungkap dia.

Disinggung kesiapan personil PPK, Pata mengemukakan pihaknya membekali PPK dengan bimbingan teknis (Bimtek). Selain itu, pembatasan periodesasi PPK yang diterapkan saat rekruitmen lalu juga memungkinkan personil PPK saat ini memberikan masukan-masukan baru.

Soal pengawasan dan potensi manipulasi, Pata meyakini manipulasi semakin sulit dilakukan. KPU juga menerapkan sistem scan C1 sehingga data C1 bisa segera ditampilkan secara cepat.

“Justru dengan tidak adanya rekapitulasi di tingkat PPS, kita memotong satu jenjang potensi manipulasi. Soal potensi manipulasi tinggal pengawasannya. Bawaslu kan juga menerjunkan personil untuk pengawasan,” jelas Pata.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge