0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Joglokerto, KA Jurusan Solo-Purwokerto Diluncurkan

foto: Setyo

ilustrasi

Solo – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Yogyakarta meluncurkan rangkaian kereta api baru, Joglokerto. Rangkaian kereta api ini akan melayani penumpang yang akan bepergian dari Kota Solo ke Yogyakarta maupun Purwokerto atau dari arah sebaliknya.

“Kereta api Joglokerto ini merupakan perpanjangan relasi KA Joglo Ekspres yang semula hanya melayani rute Stasiun Solo Balapan – Stasiun Yogyakarta. Sekarang menjadi rute Solo hingga Purwokerto,” ungkap Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Wiwik Widayanti, Sabtu (26/9).

KA Joglokerto dioperasikan perdana pada Jumat, 25 September 2015. Kereta api ini berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.15 WIB sampai di Stasiun Purwokerto pukul 10.01 WIB dan berangkat kembali dari Stasiun Purwokerto pukul 10.38 WIB sampai di Stasiun Solobalapan pukul 14.46 WIB. Kereta Api ini memiliki kapasitas 500 orang penumpang.

“Solo, Yogyakarta dan Purwokerto ini memiliki destinasi wisata yang sangat kuat, karenanya kereta api ini kami luncurkan untuk mempermudah bagi penumpang menjangkau tiga kota tersebut,” imbuhnya.

Wiwik mengatakan kereta api Joglokerto merupakan kereta api komersial non subsidi. Tarif yang diberlakukan menggunakan tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA).

Untuk jarak tempuh di bawah 125 kilometer, dikenakan tarif mulai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Sedangkan jarak tempuh 126-170 kilometer dikenakan harga kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 115 ribu.

Di atas 170 kilometer dikenakan harga Rp 70 ribu hingga Rp 135 ribu. Untuk penjualan tiket tanggal 25 September 2015 – 31 Oktober 2015 diberlakukan tarif batas bawah. PT KAI Daop 6 juga menetapkan tarif khusus Rp 20 ribu untuk tujuan Kutoarjo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Solo Balapan.

Sementara, Manager Corporate Coomunication Daop 6 Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko menyampaikan bahwa tiket KA Joglokerto dapat dipesan mulai tujuh hari sebelum keberangkatan (H-7). Untuk tiket dengan tarif khusus Rp 20.000,- dapat dipesan satu jam sebelum keberangkatan KA (go show).

Tiket dapat dipesan di stasiun – stasiun online wilayah Daop VI seperti di Stasiun Jenar, Stasiun Wates, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solo Balapan.

“Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan jasa transportasi ini, dengan pelayanan yang semakin baik, aman, dan nyaman,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge