0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alat Sosialisasi, KPU Bikin Video Pemungutan Suara

dok.timlo.net/daryono
Pengambilab gambar pemungutan suara di KPU Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo membuat video sosialisasi pemungutan suara. Video sosialisasi itu sebagai panduan penyelenggara dan edukasi pemungutan suara bagi masyarakat.

“Ini shooting pengambilan gambar situasi TPS. Durasi videonya nanti setengah jam,” kata Kepala Sub Bagian Teknis Sekretariat KPU Solo, Setyo Budiarto kepada wartawan, Sabtu (26/9) di sela pengambilan gambar di kantor KPU Solo.

Video sosialisasi itu meliputi tata cara pemungutan suara hingga penghitungan suara. Video menampilakan gambar detail di setiap tahapan. Video juga menampilkan tata cara pemungutan suara bagi pemilih difabel baik tuna daksa, tuna netra, tuna wicara, tuna rungu dan disabilitas lainnya.

“Video ini nanti akan kita gandakan untuk disebar ke PPK (panitia pemilihan kecamatan), PPS (panitia pemungutan suara) dan pemangku kepentingan seperti pasangan calon, RT RW dan tim Gerak Pasti (penggerak partisipasi pemilih). Kita gandakan mnimal 100 keping,” bebernya.

Setyo menambahkan, video sosialisasi itu ditarget selesai akhir bulan ini. Proses pengambilan gambar sudah dilakukan dua pekan ini.

“Sosialisasi melalui video ini baru pertama kali. Harapannya masyarakat bisa lebih tahu,” ujar dia.

Argo Mudharso, salah seorang difabel peserta pengambilan gambar mengatakan berkaca dari pemilihan legilslatif dan pemilihan presiden lalu, akses di TPS bagi difabel masih minim. Ia berharap akses difabel di Pilkada mendatang bisa lebih baik.

“Memang ada petugas linmas membantu. Tetapi kadang kemauan kita yang ingin dibantu kan berbeda-beda. Jadi, aksesnya lebih dipermudah saja,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge