0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, 3 Kelurahan di Solo akan Dimekarkan

Kantor Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo (dok.timlo.net/gg)

Solo – Pemerintah Kota Solo akan mengajukan pemekaran tiga kelurahan pada awal 2016 mendatang. Pemekaran wilayah ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat Kota Bengawan. Tiga kelurahan tersebut adalah Kelurahan Mojosongo, Kelurahan Jebres dan Kelurahan Pajang.

“Sesuai Permendagri nomor 31/2006, bahwa luas wilayah untuk Pemekaran di Pulau Jawa satu Kelurahan minimal memiliki luas 3 kilometer persegi. Jadi kalau secara luas ketiga kelurahan tersebut tidak bisa dimekarkan,” ungkap Kasubag Administrasi Penataan Wilayah Surakarta, Bagian Pemerintahan Umum Nunuk Marihastuti, Sabtu (26/9).

Namun, pemerintah kota akan tetap mengajukan pemekaran lantaran pelayanan di tiga kelurahan tersebut kurang optimal. Permasalahannya adalah jumlah penduduk di tiga kelurahan itu cukup besar.

“Kita menitikberatkan pada pelayanan, jumlah penduduk yang begitu banyak terkadang membuat pelayanan kurang optimal,” katanya.

Kelurahan Mojosongo memiliki luas mencapai 5,32 km2 dengan jumlah penduduk lebih kurang 49,173 ribu jiwa. Sedangkan kKlurahan Jebres memiliki luas 3,170 km2 dengan jumlah penduduk lebih kurang 32.957 ribu, dan Kelurahan Pajang hanya 1,55 km2 dan jumlah jiwa lebih kurang 23.926 ribu. Jika mengacu pada aturan tersebut kata Nunuk, satu kelurahan dibagi menjadi dua, maka tidak akan bisa memekarkan. Namun dengan alasan pelayanan dirinya berharap pemerintah bisa mengabulkan permohonan tersebut.

Seperti diberitakan, Pemkot Solo mengajukan pemekaran lima kelurahan. Untuk saat ini pemekaran dua kelurahan lain yakni yakni Kelurahan Kadipiro dan Semanggi sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge