0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ternyata Wonogiri Belum Punya Perda Sampah

dok.timlo.net/tarmuji
Setyo Sukarno (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sampai saat ini, Wonogiri ternyata belum memiliki peraturan daerah (Perda) secara khusus mengatur tentang pengelolaan sampah. Selama ini, Pemkab Wonogiri hanya berpedoman pada Perda yang mengatur kebersihan dan keindahan kota saja.

“Dalam mengelola sampah kita berpegangan pada Perda No 5/1986 tentang kebersihan dan keindahan kota. Pengelolaan sampah di Wonogiri hingga saat ini belum bisa maksimal. Sebab, satu-satunya sarana untuk meratakan sampah di tempat pembuangan akhir, sering mengalami kerusakan,” ungkap Kasie Kebersihan dan Pertamanan DPU Wonogiri, Endang H, Sabtu (26/9).

Menurut Endang, hal itu terjadi lantaran minimnya sarana dan prasarana. Pihaknya hanya memiliki satu backhoe dan satu buldozer.

“Itu pun yang kita punya kondisinya sudah parah, sering rusak. Kalau dibenahi bisa jalan satu hari dan ndongkrok lagi lebih satu minggu,’’ jelasnya.

Dikatakan, pihaknya telah beberapa kali mengajukan anggaran untuk pengadaan alat berat untuk mengelola sampah-sampah itu. Namun, hingga saat ini pemerintah hanya mengalokasikan anggaran untuk perawatan.Namun karena dibutuhkan anggaran yang tidak kecil, Pemkab belum mampu merealisasikannya melalui APBD.

“Selama ini Pemkab hanya mengalokasikan untuk biaya perawatan sebesar Rp 50 juta pertahun,” katanya.

Legislator Wonogiri dari PDIP, Setyo Sukarno mengatakan, Wonogiri sangat memerlukan Perda yang khusus mengakomodir pengelolaan sampah. Sebab, persoalan sampah jika di biarkan bakal timbul polemik di kemudian hari.

“Memang belum punya (Perda Sampah), baru kita agendakan untuk dibahas,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge