0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Senin, Setya Novanto dan Fadli Zon Dipanggil MKD

dok.merdeka.com
Setyo Novanto dan Fadli Zon (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan pihaknya telah melayangkan surat pemanggilan kepada Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua Fadli Zon untuk menghadiri persidangan dugaan pelanggaran kode etik atas kehadiran keduanya di kampanye bakal calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Surat itu, kata dia, dikirimkan kepada fraksi masing-masing, sesuai dengan tata beracara yang berlaku di MKD. Pemanggilan tersebut akan dilakukan pada Senin (27/9) depan.

“Kita sudah melayangkan surat ke Fraksi Gerindra dan Golkar karena pemanggilan harus melalui fraksi. Dalam tata cara beracara aturannya sepetti itu,” kata Dasco saat dihubungi, Jumat (25/9).

Lanjut dia, MKD tidak memiliki persiapan khusus untuk melaksanakan persidangan nanti. Selain itu, mengenai kemungkinan ketidakhadiran Novanto dan Fadli karena masih berada di Arab Saudi, dia menjelaskan bahwa dalam aturan dibutuhkan waktu selama 14 hari sejak surat dilayangkan untuk proses persidangan.

“Kan masih ada mekanisme pemanggilan kedua dan ketiga. yang penting sudah ada komunikasi melalui surat itu. diharapkan mereka hadir karena semakin cepat semakin baik,” tukasnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Sekretaris Fraksi Gerindra Fary Djemi Francis mengaku pihaknya belum mendapatkan surat pemanggilan dari MKD tersebut.

“Belum menerima surat itu. Ya karena sampai saat ini saya selaku sebagai sekretaris fraksi yang bertugas menerima surat-surat dari manapun belum menerima surat itu,” ujarnya.

Meski demikian, apabila nantinya surat tersebut, sudah diterimanya, dia berjanji akan langsung menyampaikan surat pemanggilan tersebut ke Fadli Zon. “Soal Pak Fadli nanti hadir atau tidak itu kewenangan Pak Fadli. Tugas sekretaris hanya menyampaikan,” tukasnya. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge