0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekonomi Memburuk, Ribuan Pekerja Terancam PHK

timlo.net/setyo pujis

Ketua Apindo Solo, Baningsih Tedjokartono

Solo – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Solo meminta pemerintah untuk bisa segera ambil bagian dalam meringankan beban pengusaha. Pasalnya di tengah kondisi ekonomi yang terus memburuk seperti sekarang, ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) kian marak dilakukan oleh perusahaan.

“Karena kondisi ekonomi yang terjadi sekarang ini, kemarin ada beberapa perusahaan yang berencana melakukan PHK hingga kurang lebih 1.000-1.500 orang,” ujar Ketua Apindo Solo, Baningsih Tedjokartono kepada wartawan, Jumat (25/9).

Dirinya mengatakan, kondisi tersebut sangat wajar dilakukan perusahaan mengingat perkembangan ekonomi yang tak kunjung membaik hingga sekarang. Karena dampak dari melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar tersebut menyebabkan harga bahan baku naik dan permintaan pasar turun.

“Mestinya pemerintah bisa segera ambil tindakan melihat ekonomi sekarang ini. Terlebih memberikan keringanan pembiayaan kepada pengusaha, entah itu keringanan bunga kredit ataupun cicilan ke perbankan,” jelasnya.

Sementara itu, saat disinggung terkait UMK 2016, pihaknya menyampaikan jika pengusaha mestinya jangan terlalu banyak dituntut. Karena selama ini mereka sudah banyak mengeluarkan anggaran, mulai dari BPJS, bahan baku dan angsuran hutang kepada perbankan.

“Kita berharap ekonomi bisa segera pulih, dan terkait UMK idealnya memang naik 10 persen,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge