0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gempa di Gunung Kidul, Ini Penjelasan BNPB

Ilustrasi Gempa Bumi

Timlo.net – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Gempa Bumi 4,6 SR telah mengguncang wilayah Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah pada Jumat (25/9) malam. Pusat gempa yang berada barat laut Gunung Kidul itu tidak berpotensi tsunami.

Dikutip dari akun Twitter @BNPB_Indonesia, gempa yang berlangsung antara 5 hingga 8 detik ini dirasakan oleh masyarakat Gunung Kidul dan sekitarnya. Bahkan juga dirasakan masyarakat di Kota Yogyakarta, Sleman, Boyolali, Klaten, Magelang, Solo, Semarang, Purworejo, dan Pacitan.

Meski demikian, dalam cuitan tersebut disebutkan, intensitas guncangan gempa masih lemah. Berdasarkan informasi dari sejumlah kantor BPBD, dilaporkan belum ada korban jiwa, maupun kerusakan akibat gempa. BPBD masih melakukan pemantauan.

 

Berikut Tweet penjelasan BNPB, Jumat malam :

1) malam tweeps,berikut penjelasan ttg gempa jogja yg baru saja terjadi. Silakan disimak…

2)Gempa 4,6 SR telah mengguncang wilayah Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah.

3) BMKG melaporkan pusat gempa berada di darat di Barat Laut Gunung Kidul, Yogyakarta pada kedalaman 10 km Gempa tidak berpotensi tsunami.

4) Masyarakat di Wonosari, Gunung Kidul merasakan guncangan cukup keras selama sekitar 5-8 detik.

5) Gempa juga dirasakan oleh masyarakat di Kota Yogyakarta, Sleman, Boyolali, Klaten, Magelang, Solo, Semarang, Purworejo, Pacitan.

6) Berdasarkan peta intensitas guncangan gempa yang dirasakan di Bantul III-IV MMI (lemah).

7)BNPB telah mengkonfirmasi beberapa BPBD,&dilaporkan belum ada laporan korban jiwa&kerusakan akibat gempa,BPBD masih melakukan pemantauan

8)Melihat posisi pusat gempa terlihat bahwa gempa ini berasal dari patahan aktif atau sesar Opak.

9)Beberapa gempa kecil yang pusat gempanya di sekitar sesar Opak yang terjadi pascagempa besar 27-5-2006,

10) di antaranya gempa dengan kekuatan 3,4 SR pada 24-3-2008, Senin pukul 22.18 WIB.

11)Pd 21-8- 2010,terjadi gempa bumi dgn kekuatan 5,0 SR.Pusat gempanya jg di sesar opak sebelah timurnya,sekitar 27 Km timur sesar Opak

12) Begitu pula pada 29-10-2010 gempa 4 SR di 13 km barat daya Wonosari. Dan pada 22-9-2015, gempa 3,3 SR di 12 km barat daya Wonosari.

13) Dengan melihat kondisi tersebut, wilayah Wonosari, Gunung Kidul Yogyakarta dan sekitarnya adalah daerah yang rawan gempa.

15)Korban jatuh bukan krn gempa,tetapi karena bangunannya.Selain itu juga perlu gladi atau latihan secara rutin dilakukan kpd masyarakat.

16)Penanggulangan bencana menjadi perhatian kita bersama. Demikian yg dpt kami sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih dan Selamat Malam.

Sumber : Twitter @BNPB_Indonesia

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge