0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dugaan Pencemaran Limbah di Desa Duwet Dilaporkan DPRD

timlo.net/putra kurniawan

Sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah industri sari kelapa Desa Duwet

Sukoharjo — Lembaga peduli ligkungan hidup, melaporkan dugaan usaha ilegal sejumlah home industry sari kelapa di Kecamatan Baki ke DPRD Sukoharjo. LPLSE meminta untuk dilakukan pengecekan ke lokasi yang dinilai telah mencemari lingkungan warga sekitar.

“Kami menemukan beberapa persoalan yang sangat krusial, dan melaporkan ke DPRD Sukoharjo, home industry ini sudah mencemari lingkungan yang sudah cukup parah, karena air minum warga ikut tercemar,” kata Ketua LPLSE, Lady Ardiyanto, Jumat (25/9).

Dari data yang diperoleh LSM ini, sebanyak dua dusun di Desa Duwet tercemar limbah yang cukup berbahaya dari home industri sari kelapa. Kandungan kimia pada air tanah yang setiap hari diminum warga melebihi ambang batas dari hasil lab yang dilakukannya.

Ditambah lagi, LSM peduli lingkungan hidup ini juga mensinyalir seluruh home industry ini tidak memiliki ijin usaha. Sehingga keberadaan usaha yang dalam sebulan bisa beromset ratusan juta ini dinilai ilegal dan membahayakan warga masyarakat sekitar.

“Rencananya hari ini tadi dilakukan sidak, namun dibatalkan dari pihak dewan karena instansi terkait tidak bisa ikut, sehingga sidak batal dan diundur waktunya, sudah lama sebenarnya surat kami kirim, tapi sepertinya pihak dewan tidak segera menindak lanjuti,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge