0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Duwet Ancam Tutup Industri Sari Kelapa

timlo.net/putra kurniawan

Sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah industri sari kelapa Desa Duwet

Sukoharjo — Warga Desa Duwet, Kecamatan Baki mengancam akan menutup industri pengolahan sari kelapa jika limbahnya masih dibuang ke sungai. Hal ini disampaikan perwakilan warga paska penandatanganan kesepakatan dari pengusaha dan warga pada Selasa (15/9) lalu.

“Saat ini sepertinya sudah dipenuhi dengan membuat saptic tank limbah, dan warga sudah tenang karena tidak lagi mencium bau limbah yang sampai mengakibatkan kepala menjadi pusing. Hanya saja, jika saya tahu sekali saja dibuang ke sungai warga akan menutup usaha itu,” kata perwakilan warga Duwet, Sukono, Jumat (25/9).

Diakui, sebelumnya warga sempat bersitegang dengan pengusaha sari kelapa yang berada di dalam kampung mereka beberapa waktu lalu. Pasalnya, dari limbah industri ini, muncul bau yang tidak sedap dan mencemari air sumur warga.

Namun pihak pengusaha sari kelapa sudah meyetujui seluruh tuntutan warga asal usahanya masih bisa berjalan. Dengan membuat saptic tank, limbah tidak akan disalurkan ke sungai dan ganti rugi pembuatan sumur warga 50 persen dibayar lunas.

“Sudah saya buatkan lima saptic tank untuk menyalurkan limbah industri sari kelapa dan mengganti uang sebesar Rp 1 juta kepada empat warga,” tandas pengelola home industry sari kelapa, Joko Sriyono.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge