0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gagal di Gakkumdu, Panwaslu Kirim Rekomendasi ke Pemkab

dok.timlo.net/nanin
Ketua Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Setelah gagal membawa kasus pelanggaran pilkada ke Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Panwaslu Boyolali akhirnya mengirimkan surat rekomendasi kepada Pj Bupati Boyolali. Rekomendasi yang diajukan terkait pelanggaran yang dilakukan PNS dan kepala desa yang terbukti melanggar netralitas dalam Pilkada Boyolali 2015.

“Rekomendasi kita jelas, yaitu sanksi bukan pembinaan,” kata Ketua Panwaslu, Narko Nugroho, Jumat (25/9).

Surat rekomendasi kepada Pj Bupati dikirim dengan tembusan sampai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) untuk pelanggaran netralitas PNS. Selain itu tembusan disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk pelanggaran netralitas kades.

Dijelaskan dua kasus pelanggaran yang melibatkan PNS, Kasubag TU di UPTB Badan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana Kecamatan Juwangi, Siti Nurul Hidayati. Kemudian Kepala Desa Genengsari, Kemusu, Wiwik Indiyati, keduanya terbukti terindikasi terlibat dalam politik praktis.

Untuk Siti terindikasi terlibat dalam politik praktis dan berperan aktif sebagai MC dalam peresmian posko pemenangan calon bupati dan wakil bupati (cabup cawabup), Seno Samodro-Said Hidayat. Dia melanggar Pasal 4 angka 15 PP nomor 53 Tahun 2015 tentang Disiplin PNS.

Sementara, Wiwik juga terindikasi tidak netral karena rumahnya menjadi posko pemenangan pasangan Seno-Said. Wiwik melanggar Pasal 29 dan 30 UU nomor 6 tahun 2015 tentang Desa.

Terpisah, PJ Bupati Boyolali, Sri Ardiningsih menyatakan, Pemkab hanya akan membina PNS yang terbukti tidak netral dalam pilkada. Pembinaan dilakukan oleh pimpinan masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Kita bina dulu, kalau berkali-kali dibina tetap ikut kegiatan politik, baru diberi sanksi,” tandas Sri Ardiningsih.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge