0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo

Anung Sambangi Pemulung, Rudy Nonton Wayang Orang

timlo.net/daryono

Anung sambangi pemulung TPA

Solo — Calon walikota nomor urut 1, Anung Indro Susanto, memanfaatkan jadwal kampanye, Jumat (26/9), dengan menyambangi sejumlah pemulung di Tempat Pembungan Akhir (TPA) Putri Cempo. Sementara, calon walikota nomor urut 2, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengagendakan nonton bareng wayang orang di gedung wayang orang (GWO) Sriwedari.

Anung mendatangi TPA Putri Cempo disertai beberapa timnya. Semula, para pemulung cuek dengan kehadiran Anung. Saat Anung bertanya kenapa pemulung tidak memakai masker, seorang pemulung menjawab singkat. “Tidak Pak, susah ambegan (susah bernafas),” sahut salah seorang pemulung.

Baru setelah salah seorang tim Anung mengenalkan Anung sebagai calon walikota, belasan pemulung itu kemudian mendekat kepada Anung. Mereka gembira lantaran mendapat masker, sarung tangan dan roti yang dibagi tim Anung. Tim Anung membagikan sekitar 300 kaos tangan, empat boks masker dan ratusan susu kotak. Tak lupa tim juga membagi stiker gambar Anung-Fajri.

“Ya senang ada calon walikota ke sini. Bisa menyatu dengan masyarakat,” kata Karmi (50), pemulung TPA.

Karmi berharap, para pemulung mendapat perhatian lebih oleh walikota terpilih nanti. Selain perlengkapan memulung seperti masker, sarung tangan, caping dan sepatu boot, para pemulung berharap walikota terpilih memfasilitasi kartu kesehatan PKMS Gold.

“Warga di sini tidak ada yang dapat PKMS Gold. Punyanya PKMS Silver,” ungkap warga Jatirejo, RT 06/11, Mojosongo, Jebres ini.

Anung menilai pendidikan kesehatan sangatlah dibutuhkan bagi warga sekitar TPA Putri Cempo. Meski warga sudah terbiasa dengan bau dan kotor, semestinya aspek kesehatan tidak dilupakan.

“Dalam kampanye ini kami ingin mengajak warga yang mayoritas pemulung untuk menggunakan alat penunjang seperti masker dan kaus tangan,” jelasnya.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Kampanye dan Media Tim Pemenangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo, Paulus Haryoto menyatakan Sabtu (27/9) besok, Rudy-Pur tidak memanfaatkan jadwal kampanye. Rudy hanya akan menghadiri undangan warga. Kampanye Rudy-Pur akan dioptimalkan pada Senin (28/9) malam.

“Senin malam itu kita akan nonton bareng wayang orang di GWO Sriwedari. 750 tiket akan kita borong. Sebagai bentuk nguri-uri budaya,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge