0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo

Aspro Keluhkan Pemasangan APK di Panggung Iklan

dok.timlo.net/ist
Ketua Asosiasi Perusahaan dan Praktisi Periklanan (Aspro) Solo, Ginda Ferachtriawan (dok.timlo.net/ist)

Solo —  Kalangan praktisi periklanan mempertanyakan pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang di panggung iklan. Pemasangan APK di panggung iklan dinilai merugikan praktisi periklanan.

“Kenapa APK sosialisasi dipasang di panggung iklan, yang notabene komersil. Bukannya kami tidak mendukung Pilkada, tetapi itu (panggung iklan) untuk komersil,” kata Ketua Asosiasi Perusahaan dan Praktisi Periklanan (Aspro) Solo, Ginda Ferachtriawan kepada wartawan, Jumat (25/9).

Menurut Ginda, pemasangan APK berupa spanduk pasangan calon di panggung iklan menutupi spanduk berbayar. Padahal, spanduk komersil itu sudah membayar pajak kepada pemerintah kota (Pemkot). Dari sisi ukuran, spanduk pasangan calon juga lebih besar dari spanduk komersil.

Pemasangan APK di panggung iklan, lanjut Ginda, terjadi di beberapa titik. Antaralain di perempatan Timuran, perempatan Pasar Beling, depan SMPN 1 Solo (Manahan), perempatan Tipes dan beberapa titik lainnya.

“Klien kita yang komersial jadi bingung. Mau menyingkirkan juga tidak berani. Padahal kita sudah bayar pajak dan retribusi,” keluh Ginda, yang juga anggota Komisi II DPRD Solo ini.

Dihubungi terpisah, Komisioner Divisi Hukum, Pencalonan dan Kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Nurul Sutarti mengatakan pemilihan titik-titik pemasangan APK merupakan kesepakatan antara KPU, lurah, camat, tim pasangan calon dan panitia pengawas pemilu (Panwaslu). Dalam satu kesempatan rapat, paslon menekankan agar pemasangan APK dilakukan di titik strategis.

“Pemasangan APK di panggung iklan itu juga masukan dari lurah. Itu lebih baik daripada dipasang di tiang listrik atau pohon. Setelah titiknya disepakati kita mintakan ijin ke Pemkot. Jadi, Pemkot juga sudah mengijinkan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge