0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalur Pendakian Gunung Lawu Dibuka Kembali

dok.timlo.net/nanang rahadian
Posko pendakian Cemoro Kandang (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Setelah ditutup akibat terjadi kebakaran hutan, jalur pendakian Gunung Lawu akhirnya dibuka kembali. Pembukaan dilakukan setelah api padam dan aktivitas kembali seperti biasa dalam dua pekan ini.

‪“Para pendaki sudah diperbolehkan melakukan pendakian. Portal di posko Cemoro Kandang juga sudah dilepas,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho, Jumat (25/9).

‪Dijelaskan, saat ini kondisi hutan Lawu pascakebakaran pada Agustus lalu relatif stabil. Tidak tampak lagi titik api maupun asap di area bekas terbakar mulai wilayah Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur hingga Desa Gumeng, Jenawi, Karanganyar maupun di enam resort Pemangkuan Hutan (RPH) wilayah BKPH Lawu Utara. Hal inilah yang melatarbelakangi penurunan status.‬

‪“Tetap harus waspada, apalagi kalau menyalakan api unggun,” kata Nugroho.

‪Sejak jalur resmi dibuka dua pekan lalu, petugas di posko pendaftaran mencatat penurunan jumlah pendaki. Nugroho menduga hal tersebut karena adanya informasi perihal bahaya kebakaran serta adanya larangan melakukan pendakian.

‪“Tapi lama kelamaan nanti akan normal sendiri,” katanya.

Nugroho mengimbau agar para pendaki tetap menjaga sikap saat melakukan pendakian. Seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan maupun tidak mematikan api unggun dengan baik.

“Sebenarnya hal yang telihat kecil inilah yang bisa mengakibatkan kebakaran besar,” kata Nugroho.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge