0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BlackBerry Disarankan Ganti BlackBerry OS Dengan Android

blackberry slider dual-edge
Ponsel BlackBerry slider dengan layar lengkung. (Dok: Timlo.net/ The Verge.)

Timlo.net—BlackBerry sedang bersiap-siap untuk merilis ponsel slider dengan keyboard QWERTY yang memiliki nama kode “Venice.” Akan tetapi, sebuah laporan terkini menyatakan jika ponsel itu akan disebut “BlackBerry Priv.” Smartphone baru ini akan ditenagai oleh Android OS dan bukan BlackBerry 10 OS. Seorang analis yang mendalami bisnis smartphone menyatakan jika perusahaan asal Kanada itu harusnya memakai Android.

Saat dirilis, BlackBerry Priv akan menjadi smartphone pertama BlackBerry yang memakai Android. Menurut sebuah pemberitaan dari situs Bloomberg, analis berani bernama Daniel Chan dari Scotia Capital itu berkata jika BlackBerry seharusnya mengganti BlackBerry 10 OS dengan Android.

Dengan langkah ini, Chan berkata perusahaan itu bisa menghemat uang kurang lebih $266 juta per tahun jika mereka mengganti BlackBerry OS. Dia mengatakan hal ini bisa dicapai dengan memecat 1400 karyawan yang bekerja di departemen R & D (Research and Development) di perusahaan itu. Dan dengan memakai Android, perusahaan itu bisa mencapai target mereka untuk menjual 10 juta unit per tahun.

Dikabarkan, keuntungan utama dari memakai Android OS adalah akses ke berbagai aplikasi untuk smartphone BlackBerry. Chan berkata alasan kenapa penjualan BlackBerry menurun adalah karena minimnya aplikasi yang tersedia di dalamnya.

Tapi di sisi lain, hal ini bisa membuat BlackBerry memperoleh tanggapan negatif dari pemerintah dan perusahaan di dunia yang memakai BlackBerry karena fitur keamanan yang ditawarkan BlackBerry OS.

“Sekalipun BB10, dalam pendapat kami, lebih unggul secara teknologi dibandingkan platform seluler lainnya, OS itu gagal untuk menjadi sumber penghasilan BlackBerry dan terus menjadi sumber kerugian perusahaan itu,” kata Chan.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge