0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kisah Niro, Jamaah yang Meninggal di Mina

dok.merdeka.com

Musibah di Mina

Timlo.net – Dua jamaah haji Indonesia asal Probolinggo menjadi korban musibah Mina, Arab Saudi. Salah satunya bernama Niro. Ketua Rombongan (Karom) Mugi Suryojaya dari Kloter tersebut menceritakan awal mula tragedi berdarah itu.

“Kami berangkat melempar jumrah dari Mina Jadid. Sesampai di Jalan 204, sebelum jembatan, tampak jemaah menumpuk dari dua arah. Lokasinya setelah pasar. Saya melihat langsung Pak Niro meninggal dalam peristiwa itu,” kata Mugi Suryojaya, Jumat (25/9).

Mugi menjelaskan saat itu jemaah yang mau masuk bertemu dengan jemaah yang akan ke luar di jalan tersebut. Di sana lah terjadi desakan dan banyak jemaah terhimpit lalu berjatuhan.

“Kami terhimpit, kebanyakan kepanasan dan akhirnya korban berjatuhan. Salah satu korban yang meninggal merupakan anggota rombongan saya,” katanya.

Saat di lokasi kejadian, dia (korban-red) lepas dari dirinya.

“Beberapa saat kemudian, saya lihat digotong sama askar (petugas Arab) dan ditaruh di bawah jembatan, wajahnya ditutup kain ihram,” katanya.

Kesaksian juga disampaikan salah seorang anggota rombongan yang selamat, Hasan. Dia mengaku jenazah Niro itu langsung dibawa askar. Ketika kejadian, almarhum berada di belakang posisinya.

“Saya buka ihram yang nutupi wajahnya. Saya lihat ada slayer hijau di leher dan mukanya memang Pak Niro. Saya bilang ke askar, ini teman saya, terus kemudian dibawa pergi,” ujarnya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge