0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jamaah Indonesia Jangan Bareng Jamaah Timur Tengah

dok.merdeka.com

Insiden di Mina

Timlo.net – Jamaah Indonesia diminta untuk tidak melakukan kegiatan bersama jamaah Timur Tengah dan Afrika yang memiliki tubuh lebih besar.

“Kita sendiri harus kembali mengkaji ulang jadwal kegiatan haji jamaah kita. Sebenarnya sudah ada peringatan juga untuk tidak berkegiatan bersama saat jamaah haji Timur Tengah dan Afrika. Karena mereka memiliki fisik yang besar,” kata Anggota Komisi VIII DPR, Arzeti Bilbina, Jumat (25/9).

Meskipun telah ada peringatan, Arzeti mengatakan ada kemungkinan persoalan cuaca di Arab yang menyebabkan jadwal jamaah Indonesia berbarengan dengan jamaah asal dua negara tersebut.

“Jamaah kita juga sudah diingatkan untuk menghindari jam padat. Tapi tidak bisa kita pungkiri juga kemarin itu Arab Saudi sedang diserang badai,” jelasnya.

Dengan terjadinya musibah Mina, dia mengatakan dapat menjadi pembelajaran agar pemerintah Arab Saudi memikirkan ulang untuk membatasi kuota haji dari berbagai negara di penjuru dunia.

“Tapi, sebetulnya ini bisa menjadi pembelajaran tersendiri. Kita berharap pemerintah Arab Saudi membatasi kuota negara-negara bila kondisi fasilitas belum mampu menampung penambahan kuota secara terus menerus,” ujarnya.

“Kita juga perlu mengingatkan masyarakat dan mempertimbangkan aturan pembatasan naik haji,” jelas dia.

Seperti diketahui, musibah terjadi di Mina, Arab Saudi, Kamis pagi, tepat di hari raya Idul Adha. Lebih dari 700 orang wafat akibat insiden jemaah saling dorong di area Tenda Mina saat menuju lokasi lontar jumrah aqabah.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge