0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korea Utara Ciptakan Zona Waktu Sendiri

Waktu

Dok: Timlo.net/ABC.net.au

Waktu

Timlo.net—Korea Utara memang hidup di dunia mereka sendiri dalam banyak cara. Sekarang, mereka malah membuat zona waktu sendiri. Kantor berita milik negara, KCNA, mengumumkan jika Korea Utara memundurkan waktu 30 menit untuk membuat zona waktu Pyongyang pada 15 Agustus lalu, sebagai bentuk perayaan 70 tahun kemerdekaan dari penjajahan Jepang.

Hal ini akan mereset waktu ke GMT+08:30, seperti sebelum masa penjajahan Jepang.

“Penjajah Jepang yang jahat melakukan kejahatan-kejahatan yang tidak bisa diampuni karena merampas Korea bahkan dari zona waktunya sendiri sembari tanpa ampun memporak porandakan tanah dengan sejarah dan kebudayaan selama 5 ribu tahun dan mengejar kebijakan untuk meratakan negara Korea,” tulis KCNA.

Korea Utara sudah memiliki kalendar mereka sendiri. Alih-alih menghitung hari mulai dari kelahiran Kristus, mereka menghitung hari mulai dari kelahiran pendiri mereka Kim Il Sung. Kim lahir pada 1912, dikenal di Korea Utara sebagai Juche 1, sehingga tahun ini menjadi tahun Juche 104.

Zona waktu ini akan membuat Pyongyang setengah jam di belakang Tokyo dan Seoul. Juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Jeon Joon-hee berkata dalam pertemuan jika keputusan Korea Selatan bisa menimbulkan beberapa masalah.

“Beberapa kesulitan sepertinya akan muncul dalam perdagangan di antara dua negara, termasuk aliran dari dan ke Kaesong Industrial Complex,” katanya.

Jeong menambahkan jika hal ini bisa memberikan efek negatif terhadap integrasi kedua negara Korea dalam jangka lama.

Sumber: CNN.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge