0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunung Lokon, Klabat dan Soputan Terbakar

Gunung terbakar ©AFP PHOTO/Suryo Wibowo (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Tiga gunung di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terbakar. Gunung tersebut yaitu Gunung Lokon di Kota Tomohon, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Gunung Klabat di Kabupaten Minahasa Utara terbakar.

Kebakaran itu terjadi disebabkan faktor alam akibat fenomena El Nino. Selain itu, juga akibat kesengajaan masyarakat yang membuka lahan atau membersihkan dengan cara membakar.

“Dampak kebakaran ini yaitu merugikan aspek ekonomi yang dialami sektor darat, laut dan udara, secara ekologi memusnahkan flora dan fauna serta kesehatan yaitu terganggunya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA),” kata Kepala Dinas Kehutanan Herry Rotinsulu di Tomohon, Jumat (25/9).

Sejauh ini kata dia, luas kawasan Gunung Klabat yang terbakar sekitar 35 hektare, cagar alam Gunung Lokon berkisar 100 hektar sementara kawasan Gunung Soputan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara masih dihitung.

“Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, aparat TNI/Polri terus berupaya memadamkan api yang masih menyala,” ujarnya, seperti dilansir Antara.

Dia mengharapkan, masyarakat memperhatikan fenomena iklim ini dengan menjauhkan faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran, serta menghindari perilaku kesengajaan antara lain membuang puntung rokok serta pembukaan lahan dengan cara membakar.

“Prinsip yang perlu dipegang terkait dengan kebakaran hutan dan lahan adalah lebih baik mencegah dari pada memadamkan,” ujarnya.

Penjabat Gubernur Soni Sumarsono dan rombongan sekitar sore pukul 14.00 WITA, mengunjungi kebakaran di lereng Gunung Lokon yang sebelumnya sudah meluas ke areal perkebunan.

“Diharapkan selalu melakukan imbauan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” katanya. [hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge