0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Karanganyar Sembelih 4.213 Sapi dan 10.068 Kambing

Karanganyar — Berdasarkan data dari dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karanganyar sebanyak 4.213 ekor sapi dan 10.068 ekor kambing disembelih dalam perayaan Idul Adha tahun ini.

“Kami menyembelih 4.213 ekor sapi dan 10.068 ekor kambing, ” kata Ketua Panitia Idul Adha di Masjid Agung Karanganyar, Sukinto, (24/9)

Pantauan wartawan, tidak semua lokasi penyembelihan hewan kurban membagikan daging hewan kurban menggunakan sistem girik atau kupon. Seperti di Masjid Agung Karanganyar. Panitia Idul Adha Masjid Agung Karanganyar pilih melayani pemohon yang mengajukan proposal.

Bahkan, panitia sudah memasang pengumuman berisi permintaan maaf. ‘Mohon Maaf, Panitia Kurban Masjid Agung Tidak Melayani Permohonan Daging Kurban Secara Pribadi Atau Perorangan’.

“Kami hanya melayani permohonan menggunakan proposal. Ada 36 pemohon hingga Rabu. Rata-rata dari yayasan, lembaga, pondok pesantren, masjid, dan lain-lain. Kami tidak melayani perorangan,” kata Sukinto,

Sukinto menjelaskan, kebijakan itu diambil berdasarkan evaluasi pembagian daging hewan kurban tahun lalu. Panitia Idul Adha membagikan daging menggunakan sistem girik. Panitia memprioritaskan kaum duafa.

“Lama kelamaan sulit melayani masyarakat yang berjubel. Lalu kami memutuskan menggunakan proposal pengajuan. Apalagi jumlah hewannya sedikit. Ini upaya mengurangi risiko berebut,” jelas dia.

Lelaki yang menjadi Ketua Panitia Idul Adha selama empat tahun itu mengungkapkan panitia memprioritaskan pembagian daging kepada warga Karanganyar. Dia mengaku mendapat permohonan dari luar Karanganyar.

“Kami tunda yang dari luar Karanganyar dan proposal yang masuk pada Kamis karena persediaan terbatas. Itu hewan hanya bisa dibuat 400-500 bungkus. Isinya setengah kilogram daging dan ditambah bagian lain. Pemerataan,” tutur dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge