0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditemukan Cacing Hati Pada Hewan Kurban

timlo.net/putra kurniawan

Pemeriksaan hati sapi kurban oleh tim kesehatan hewan

Sukoharjo — Tim pemantau kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Sukoharjo menemukan adanya hewan kurban yang terjangkit cacing hati. Karena tidak layak konsumsi, hati dari sapi di Kelurahan Gayam ini dibuang agar tidak membahayakan manusia.

“Ada satu temuan dari beberapa lokasi yang saya pantau, di Gayam satu sapi di dalam hatinya ada cacing yang cukup banyak, dan saya minta agar tidak dikonsumsi manusia,” kata Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Sukoharjo, Ngatmini, Kamis (24/9).

Selain satu sapi yang terdapat cacing hati, satu sapi yang dipotong di kompleks gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sukoharjo juga ditemukan bekas rumah cacing pada hati. Namun karena cacingnya sudah tidak ada, hati aman untuk dikonsumsi manusia.

Sedangkan dari pantauan di Rumah Potong Hewan (RPH) petugas tidak menemukan penyakit ataupun hewan kurban yang tidak layak konsumsi. Secara keseluruhan, semua kondisi hewan kurban dalam keadaan sehat dan layak konsumsi maupun memenuhi syarat sebagai hewan kurban.

“Rata-rata dari sampel yang kita pantau, semua kondisinya sehat, hanya ada satu sapi yang hatinya rusak karena cacing dan sudah dibuang. Meskipun tergolong bukan penyakit menular, cacing ini menyerap semua nutrisi pada hati. Sehingga seperti makanan hambar itu saja,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge