0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Didoakan, Gunungan Sudah Jadi Rebutan

foto: Heru

Warga berebut gunungan

Solo – Ribuan warga dari berbagai daerah di kota solo dan sekitarnya berebut dua buah gunungan dalam perayaan Grebeg Besar Keraton Kasunanan Surakarta. Bahkan belum sempat didoakan di Masjid Agung Solo, Gunungan yang terdiri dari Gunungan Jaler dan Gunungan Estri telah direbut warga.

Pantauan dari Timlo.net, tatacara kirab dimulai sejak pukul 11.00 WIB. Kedua gunungan tersebut diarak dari Kori Kamandungan Keraton Solo menuju halaman Masjid Agung Solo yang berjarak sekitar 500 meter.

Gunungan Jaler yang berisi sayuran dan lauk-pauk seperti cabai merah, wortel, terong, tebu, telur, jeruk dan kacang panjang, direbut terlebih dulu di halaman Masjid Agung. Kemudian Gunungan Estri yang terbuat dari intip, rengginang dibawa kembali ke Kori Kamandungan untuk diperebutkan warga yang menunggu di sana.

Warga tampak antusias dan rela berdesak-desakan untuk mendapatkan sedekah dari Raja Keraton Solo itu.
Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo, Kanjeng Pangeran (KP) Winarno Kusumo menjelaskan, Grebeg Besar ini merupakan agenda tahunan Keraton Kasunanan Surakarta. Dia mengatakan Grebeg ini telah dilakukan sejak Sultan Agung dan merupakan salah satu cara mensyiarkan agama Islam.

“Sudah sejak dulu dilaksanakan, ini selain sebagai ucapan rasa syukur juga sebagai syiar agama,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge