0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gayus Tambunan Diusulkan Pindah ke Lapas Nusakambangan

dok.merdeka.com

Gayus Tanbunan

Timlo.net – Terpidana penggelapan pajak, Gayus Tambunan dipindah ke LP Gunung Sindur, Bogor. Dia dipindah karena telah melakukan pelanggaran dengan sengaja keluar ke sebuah restoran.

Seiring dengan ulah Gayus itu, Pelaksana Harian Kalapas Kelas I Nusakambangan Batu Totok Budiyanto mengaku pihaknya siap menerima Gayus untuk memberikan efek jera.

“Lapas (Batu) siap menerima kalau ada perintah dari pemerintah. Siapapun yang akan dipindah, kita siap menerima,” kata Totok, Kamis (24/9).

Kendati penghuni lapas kini tengah melebihi dari kapasitas, lanjut Totok, namun pihaknya masih mempunyai sel dengan pengamanan yang super ketat atau biasa disebut SMS (Super Maximum Security). Sel tersebut pernah dihuni oleh terpidana mati kasus Bom Bali I sebelum dieksekusi, yakni Imam Samudra, Muklas, dan Amrozi.

“Lapas Batu sebenarnya berkapasitas 225 orang namun saat ini jumlah penghuninya 282 orang. Tapi sel SMS baru terisi 50 persen dari kapasitas,” paparnya seperti dilansir Antara.

“Untuk sel SMS (Super Maximum Security) kapasitasnya 10 orang dan saat ini dihuni lima orang,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Lapas Kelas II A Pasir Putih Hendra Eka Putranto mengungkapkan tempat yang paling cocok untuk seorang Gayus Tambunan agar tidak berulah lagi yakni Lapas Pasir Putih. Pasalnya, di lokasi tersebut jauh dari jangkauan sinyal telepon seluler.

“Lapas Pasir Putih lokasinya paling ujung, paling jauh, sehingga sangat bagus untuk membina Gayus. Kalau perlu, napi-napi (kasus korupsi) di Lapas Sukamiskin dipindah saja ke Nusakambangan,” ungkapnya.

Lapas Pasir Putih yang dibangun pada tahun 2008, lanjut Hendra, mempunyai kapasitas sekitar 300 orang dimana saat ini sudah dihuni oleh 246 napi, sehingga sudah barang tentu tempat tersebut masih mampu untuk menampung seorang Gayus Tambunan.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge