0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Idul Adha, Pasar Tradisional Sepi

foto: Nanin

Hari Raya Qurban,sejumlah pasar tradisional di Boyolali sepi pembeli

Boyolali – Sejumlah pasar tradisional di Boyolali terlihat lengang dan sepi pembeli. Meski sebagian pedagang tetap berjualan di Hari Raya kurban, namun pembeli tidak seramai hari-hari biasa.

Dari pantauan di Pasar Sunggingan dan Boyolali Kota, sejumlah toko dan kios juga terlihat tutup. Sebagian yang buka usai sholat Idhul Adha, Kamis siang (24/9), memilih menutup kionya menyusul sepinya pembeli.

“Tutup saja, pembelinya sepi, ini mau pulang,” ucap Joko (45), pemilik toko makanan ringan di Pasar Kota.

Hal senada juga diungkapkan Giyem (61) penjual cendol, asal Klaten. Meski tahu pasar bakal sepi, namun Giyem nekat berjualan. Sejak buka pagi tadi hingga siang, baru ada satu pembeli.

“Ya sepi sekali, tapi daripada di rumah tidak ada kerjaan,” ucapnya.

Pedagang lain, Sumarno, yang berjualan sayur dan bumbu dapur, mengakui sepinya pembeli sebenarnya sudah dirasakan sebelum lebaran kurban. Harapanya untuk mendapatkan keuntungan ternyata meleset. Pembeli sepi, daganganya menjadi tidak laku dan menumpuk.

“Tadi sempat ragu juga, mau jualan atau tidak, ternyata sepi pembeli. Pasarnya juga sepi sekali,” imbuhnya.

Tidak hanya pedagang, sepinya pengunjung pasar juga dirasakan petugas parkir. Menurut Heri (51), petugas parkir di halaman depan Pasar Kota, pendapatanya turun 50%. Biasanya, lokasi parkir penuh dengan sepeda motor dan mobil, namun sejak pagi terlihat lengang.

“Tidak tahu ini kenapa, mungkin dampak krisis ekonomi jadi yang belanja ke pasar berkurang,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge