0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingat Wasiat Soeharto, Keluarga Cendana Pugar Masjid Kalitan

foto: Khalik

Putra-putri mantan Presiden Soeharto

Solo – Wajah ceria nampak terpancar dari lima putra-putri Presiden ke-2 RI, Sooeharto, saat menjalankan ibadah Salat Idul Adha di Masjid Nurul Iman atau Masjid Kalitan, Kamis (24/9). Kelima putra-putri keluarga cendana tersebut diantaranya, Siti Hardiyanti Hastuti (Mbak Tutut), Sigit Harjojudanto, Siti Hediati Herijadi (Titiek Soeharto), Hutomo Mandala Putra (Tommy) dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Kebahagiaan yang mereka rasakan lantaran mampu menyelesaikan pemugaran masjid yang menjadi salah satu sejarah dikeluarga mereka.

“Alhamdullillah, masjid sudah rampung dengan dana dan tanah wakaf keluarga. Semuga berguna dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” kata Tutut.

Senada, Titiek mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan telah lantaran dulu ayahnya (Soeharto-red) pernah berpesan supaya memakmurkan masjid.

“Semoga masjid ini selalu makmur dan digunakan untuk kebaikan. Sesuai pesan mendiang bapak. Kalau digunakan untuk nikahan, monggo silakan saja,” terangnya.

Disinggung besarnya dana yang dikeluarkan untuk melakukan pemugaran masjid, para putra-putri Soeharto nampak enggan membeberkan. Baik, Titiek, Tutut maupun Tomy.

“Gak usah disebutkanlah,” terang mereka kompak.

Ketua Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP), Sulastomo mengatakan ide pemugaran masjdi Kalitan muncul pada April 2014, saat rapat tahunan YAMP. Menurut dia yang lebih berperan dalam mecetuskan dan melaksanakan ide tersebut adalah Mamiek.

“Mbak Mamiek banyak berperan dalam hal ini. Ia juga yang menentukan warna warni, ornamen di masjid ini,” jelasnya.

Sulastomo menjelaskan, arsitek masjid peninggalan Soeharto tersebut bernama Ir Yosul dari Makassar. Luas dalam atau bangunan inti adalah 25×20 meter persegi, dengan luas total bangunan 2 lantai sebesar 824 meter persegi. Masjid tersebut bisa menampung 800 jamaah di dalamnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge