0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Sapi Disembelih di Tempat Kurang Higienis

foto: Nanin

Petugas menemukan penyembelihan dan pengulitan hewan kurban tanpa alas

Boyolali – Petugas pemantau penyembelihan hewan kurban masih menemukan tata cara penyembelihan yang kurang hiegienis. Hewan kurban disembelih tanpa diberi alas dan langsung menyentuh dengan tanah.

“Mestinya kan diberi alas plastik atau terpal, jadi daging tetap hiegienis,” kata petugas Puskeswan Boyolali, Sungadi, Kamis (24/9).

Menurut Sungadi, pemberian alas saat melakukan pengulitan sangat penting guna menghindarkan daging kurban terkena penyakit dari tanah. Diakui, petugas sudah melakukan sosialisasi tata cara penyembelihan yang hiegienis. Namun ternyata masih banyak ditemukan pelanggaran.

“Ya kita hanya mengingatkan, kalau yang belum terlanjur disembelih, ya Kita minta untuk diberi alas terlebih dahulu,” tambahnya.

Temuan ini paling banyak pada saat pengulitan hewan qurban sapi. Sedangkan pada kambing, tata cara penyembelihan rata-rata sudah benar, yaitu dengan cara digantung.

Sementara itu, terkait dengan cacing hati, Sungadi, mengaku tidak menemukan. Selain hati, petugas juga memeriksa limpa dan jeroan kurban.

“Mungkin karena ini musim kemarau, jadi tidak kita temukan cacing hati,” imbuhnya.

Temuan lain, petugas mendapati pemotong hewan sambil merokok serta alas yang digunakan tidak bersih.

Di sisi lain, untuk meningkatkan kerjasama dengan lingkungan, Depo Pertamina Teras, membagikan 600 bungkus hewan kurban kepada masyarakat di sekitar depo dan sejumlah panti asuhan.

“Ini rutin kita lakukan tiap kurban, daging terutama kita bagikan disekitar depo,” kata Operation Head Depo Pertamina Teras, Sucipto.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge