0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bakar Lahan, Mantan Anggota DPRD Diciduk Polisi

merdeka.com

Kabut asap kebakaran hutan riau

Timlo.net — Polres Kampar menetapkan empat orang tersangka pelaku pembakaran lahan. Seorang di antaranya diketahui merupakan mantan anggota DPRD Kampar bernama Muhammad Rais (MR), serta satu inisial DH (53) seorang pegawai negeri sipil di Pemerintahan Kabupaten Kampar, Riau.

“Penetapan tersangka ini setelah sebelumnya polisi melakukan penyelidikan. Mereka diduga melakukan pembakaran lahan di tiga lokasi, di antaranya di Dusun II Tarap Mandiri, pembakaran lahan di Dusun V Desa Aur Sati, serta di lahan kaplingan milik Masril yang berlokasi di Dusun I Desa Rimbo Panjang,” ujar Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, Rabu (23/9).

Selain MR, polisi juga menangkap FZ (27) anak dari DH beralamat di Dusun II Keramat Sakti, Desa Kubang Jaya itu, polisi juga menangkap anaknya inisial FZ (27), lalu tersangka lainnya berinisial MH.

“DH kita amankan hari Minggu kemarin bersama anaknya (FZ) yang diduga secara bersama melakukan pembakaran lahan,” kata Guntur.

Sedangkan mantan anggota DPRD Kampar inisial MR ditangkap karena diduga membakar 1 hektare lahan bekas kebun karet miliknya sendiri yang sudah ditebang.

“Sedangkan MH, ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan melakukan pembakaran lahan, Rabu (9/9) lalu di Desa Rimbo Panjang. Akibat pembakaran lahan dilokasi kaplingan ini, api pun menjalar dan meluas kelahan gambut sekitarnya,” jelas Guntur.

Guntur menambahkan, penetapan tersangka terhadap para pelaku ini, setelah polisi memeriksa sejumlah saksi dan melakukan penyelidikan di lapangan.

“Para tersangka dijerat dengan UU lingkungan hidup, agar sanksi hukumnya bisa membuat efek jera bagi pelaku pembakaran lahan,” tandas Guntur.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge