0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bawaslu Jateng Kirim Rekomendasi Pelanggaran Netralitas PNS ke KemenPAN RB

timlo.net/daryono

Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Abhan Misbah

Solo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah telah mengirimkan rekomendasi pelanggaran netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) ke Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Selanjutnya, sanksi terhadap netralitas PNS menunggu rekomendasi KemenPAN RB.

“Ada PNS di Boyolali, Kota Semarang (yang tidak netral – Red). Sudah kita berikan rekomendasi ke Kemenpan dan RB. Nanti, Menpan RB yang akan berikan sanksi sampai penundaan pangkat,” kata Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Abhan Misbah kepada wartawan, Kamis (22/9) di Solo.

Setelah terbit rekomendasi sanksi dari MenPAN RB, Penjabat (Pj) Walikota yang kemudian menjatuhkan sanksi kepada PNS bersangkutan. Sanksi yang dijatuhkan bisa bervariatif tergantung rekomendasi KemenPAN RB.

Guna mencegah PNS tetap menjaga netralitas, Bawaslu Jateng sudah mengadakan rapat koordinasi dengan melibatkan seluruh SKPD di 21 kabupaten/kota yang mengikuti Pilkada serentak. Rakor itu sebagai upaya preventif agar PNS betul-betul menjaga netralitas.

“Tetapi kalau ditemukan pelanggaran hukum ya kita akan tindak sesuai peraturan hukum yang ada,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge