0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waktu Penetapan DPT Mepet, KPU Belum Kantongi Jumlah Pemilih Tetap

Komisioner Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Perencanaan dan Badan Penyelenggara KPU Solo, Kajad Pamuji Joko Waskito (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Penetapan Data Pemilih Tetap (DPT) tinggal menghitung hari, namun KPU belum menyiapkan Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Penyebabnya, pendataan yang belum selesai. Sehingga membuat jumlah data pemilih belum bisa dipastikan. Meski demikian sebelum hari H, KPU memastikan pendataan bakal rampung.

“Jumlah warganya belum bisa ditentukan, karena data-datanya belum lengkap. Masih perlu dilakukan pendataan ulang, kemungkinan jumlahnya bisa bertambah juga bisa juga turun,” ujar Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kota Solo, Kajad Pamuji Joko Waskito, Rabu (23/9).

Ia menambahkan, pendataan memang belum tuntas, sebab ada beberapa warga yang meninggal, dan pindah alamat. Ada juga yang sudah memenuhi syarat tapi belum melaporakan ke kelurahan. Padahal DPT harus dikeluarkan tanggal 2 Oktober mendatang.

Dijelaskan, penetapan data pemilih sementara (DPS) akan dikeluarkan tanggal 25 September. Sedangkan untuk data-data tambahan ataupun perbaikan akan dilakukan tanggal 26-28 september pada tingkat Panitia Pemungut Suara (PPS). Untuk tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tanggal 28 – 29 September. Pada tahap terakhir di tingkat kota, akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober.

”Dari tahapan tersebut DPS baru bisa diubah menjadi DPT,” tandasnya.

(widiyawati)

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge