0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Besok, Keluarga Cendana Salat Id di Masjid Kalitan

dok.timlo.net/achmad khalik
Masjid Nurul Iman atau dikenal masyarakat sebagai Masjid Kalitan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pemugaran Masjid Nurul Iman di kawasan Ndalem Kalitan, Solo dinyatakan telah rampung. Keluarga mantan presiden Soeharto yang melakukan pemugaran masjid tersebut menambahkan ornamen kaligrafi serta menyulap masjid menjadi dua lantai, sehingga jamaah yang biasanya meluber hingga halaman masjid dapat tertampung di dalamnya.

“Pemugaran telah rampung. Kalau tak ada aral melintang, rencananya akan diresmikan besok Kamis (24/9) sebelum salat Ied (Salat Idul Adha) oleh Mas Tommy (Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto —Red),” terang, Salah seorang kerabat Keluarga Cendana, Begug Purnomosidi saat dihubungi, Rabu (23/9) siang.

Mantan Bupati Wonogiri tersebut mengatakan, sebelum peresmian, sejumlah kerabat Keluarga Cendana dijadwalkan melakukan ziarah ke makam Astana Giribangun, Karanganyar. Selain putra-putri Soeharto, sejumlah tokoh dan pengurus Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila dijadwalkan hadir. Yakni sang ketua Sulastomo dan pembina yayasan, Emil Salim.

Berdasarkan susunan acara yang dirilis rumah tangga Ndalem Kalitan menyebutkan, peresmian masjid akan dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Adha. Pembukaan papan selubung atau papan nama akan dilakukan oleh putri sulung Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut. Sambutan keluarga akan dilakukan putri keempat Soeharto, Siti Hediati Haryadi alias Titiek Soeharto.

Sedangkan, bertindak sebagai imam dan khatib adalah HM Maftuh Basyuni yang merupakan Imam Masjid At Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Usai salat Id, acara akan diakhiri dengan penyembelihan hewan kurban bersama Keluarga Cendana dan warga setempat.

Masjid Kalitan dibangun pada 1996 tepatnya sebulan setelah Ibu Tien Soeharto meninggal dunia. Namun karena jamaah dan pengunjung semakin banyak, membuat kapasitas masjid tersebut harus ditambah. Pembangunan masjid di atas lahan sekitar 500 meter persegi tersebut dimulai sejak awal tahun 2015 dan selesai pada pertengahan September bulan ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge