0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo, KPU Mulai Susun DPSHP

dok.timlo.net/gg
Kantor KPU Solo (dok.timlo.net/gg)

Solo —¬†Setelah memberikan kesempatan masyarakat untuk memberi tanggapan atas daftar pemilih sementara (DPS) yang diumumkan 10-19 September 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai menyusun DPS hasil perbaikan (DPSHP). Penyusunan DPSHP diagendakan selesai 25 September untuk selanjutnya ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT) pada 2 Oktober 2015.

“Sejak tanggal 20 September, PPS (panitia pemungutan suara) sudah mulai menyusun DPSHP. Mereka mengunggah data perbaikan ke Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih),” kata Komisioner Divisi Pemutakhiran Data KPU Solo, Kajad Pamuji Joko Waskito, kepada wartawan, Rabu (23/9).

Pengunggahan DPSHP ke Sidalih untuk menyempurnakan DPS. DPSHP disusun berdasarkan laporan masyarakat maupun masukan panitia pengawasn pemilu (Panwaslu). Penyempurnaan itu meliputi pemilih baru maupun adanya pemilih tidak memenuhi syarat (TMS). Harapannya, data semakin valid dan mutakhir.

Kajad optimis, proses unggah DPSH ke Sidalih bisa selesai tepat waktu yakni 25 September. Pasalnya, data yang diunggah juga tidak sebanyak saat pengunggahn data pencocokan dan penelitian (Coklit).

“Sangat dibutuhkan ketelitian dalam menggunggah data TMS atau pemilih baru. Sampai saat ini, Banjarsari sudah diunggah 1 kelurahan, Jebres 4 kelurahan,” ujar dia.

Setelah DPSHP selesai diunggah, proses selanjutkan akan dilakukan pleno rekapitulasi DPT secara berjenjang dari PPS hingga tingkat kota. Rekapitulasi tingkat PPS dijadwalkan 26-28 September, tingkat PPK 29-30 September dan tingkat kota 1-2 Oktober.

“Direkapitulasi kota, setelah dikompilasi dengan kecamatan, DPSHP langsung ditetapkan sebagai DPT,” papar dia.

Mengacu DPS yang diumumkan, jumlah pemilih untuk Pilkada sejumlah 401.897 orang. Terdiri 195.279 pemilih laki-laki dan 206.618 pemilih perempuan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge