0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wagub: Daerah Lain Wajib Contoh UPTPK Sragen

(dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah (Jateng), Heru Sudjatmoko menyatakan, kabupaten atau kota lain perlu mencontoh keberadaan Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kabupaten Sragen. Kantor ini dinilai Wagub sangat efektif untuk mengentaskan kemiskinan.

“Ini suatu inovasi yang bagus dan daerah lain di Jateng perlu meniru. Saya saja yang provinsi nggak malu untuk meniru ini,” kata Heru usai meninjau UPTPK Sragen, Selasa (22/9).

Saat meninjau, Heru yang juga sebagai Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Jateng ini mendapat penjelasan tentang berbagai program kemiskinan di Sragen oleh Kepala UPTPK, Suyadi. Mulai dari prosedur pengurusan dan jenis-jenis Kartu Saraswati. Termasuk soal adanya beasiswa Sintawati bagi mahasiswa miskin yang sekolh di PTN di Pulau Jawa.

Menanggapi belum masuknya UPTPK ke dalam Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) pemerintahan, Heru mengatakan, kewenangan mengenai SOTK ada pada pemerintah pusat. Namun dia menyakini keinginan UPTPK untuk menjadi lembaga resmi bakal terwujud. Apalagi ketika Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) berkunjung di Sragen telaah memberikan lampu hijau.

“Itu kewenangannya di pusat. Saya sendiri melihatnya positif, mungkin bentuknya lembaga resmi,” jelas Heru.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge