0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Taufiequrachman Ruki: Selamat Jalan Guruku

dok.merdeka.com

Adnan Buyung Nasution

Timlo.net – Plt Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Taufiequrachman Ruki memberi penghormatan terakhir kali kepada almarhum Adnan Buyung Nasution. Ruki merasa kehilangan sosok Adnan yang dianggap sebagai guru dalam segala bidang.

“Selamat jalan guruku, selamat jalan abangku, semoga Allah menempatkan arwah Abang bersama arwah para solihin dan syuhada. Amin,” kata Ruki, Rabu (23/9).

Sosok Adnan yang cerdas dan memiliki strategi dalam menangani perkara membuat Ruki merasa kagum. Pucuk pimpinan KPK ini bahkan mengaku banyak hal yang bisa dijadikan cermin dari sosok Adnan.

“Saya belajar banyak dari cara, taktik dan tekniknya dalam membela kliennya untuk mengantisipasi serangan balik dari pembela para tersangka yang disidik dan dituntut,” ujarnya.

Salut dan hormat Ruki tidak sampai di situ. Dia menyebut peran Adnan dalam perjalanan berdirinya KPK sangat besar. Mengingat, sosok Adnan merupakan salah satu yang merumuskan Undang-Undang KPK serta merangkap sebagai anggota Panitia Seleksi (Pansel) pimpinan KPK jilid I.

Ruki menilai, Adnan adalah tokoh hukum yang berjiwa demokrasi. Lebih dari itu, dia menganggap Adnan sebagai sosok pejuang hak asasi manusia yang konsisten, fenomena, dan legendaris. Menurutnya, kemampuan Adnan dalam bidang tersebut tidak diragukan lagi.

“Konsisten dan kalau sudah menyangkut prinsip, dengan siapapun berani berbeda pendapat dengan segala resikonya,” tandas Ruki.

Adnan mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan pagi ini. Dikabarkan, Adnan meninggal dunia sekitar pukul 10.15 WIB.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge