0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Video: Wow! Kelompok Drone Ini Bisa Buat Jembatan Tali

Drone bangun jembatan

Dok: Timlo.net/CNET

Drone bangun jembatan

Timlo.net—Penelitian tentang penggunaan drone dalam situasi pencarian dan penyelamatan terus berlangsung. Tapi kita tidak bisa menyangkal jika benda terbang yang kecil dan ringan ini memiliki potensi.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan tim dari ETH Zurich membuktikan jika drone bisa membantu manusia bertahan hidup dalam medan yang sulit. Sekelompok drone quadrocopter sukses membuat jembatan tali yang mampu menahan berat seorang manusia. Yang menarik, jembatan itu dibangun secara mandiri. Hal ini membuktikan jika kelompok drone itu mampu membangun struktur yang menahan berat manusia dalam skala penuh tanpa intervensi kita.

“Kecuali penentuan poin awal dan akhir dari struktur, jembatan itu terdiri dari beberapa elemen tarik secara ekslusif dan penghubung yang disusun sepenuhnya oleh mesin-mesin terbang itu,” tulis tim itu dalam halaman situs ETH Zurich Aerial Construction.

Kecuali tangga penggantung metal, jembatan itu dibangun seluruhnya dari tali Dyneema, sebuah bahan yang ringan tapi mampu menahan beban yang sangat berat. Tali ini ideal untuk konstruksi udara.

“Dengan panjang sekitar 7,4 meter antara dua struktur penggantung, jembatan ini terdiri dari 9 tali dengan panjang total 120 meter dan disusun dari berbagai elemen misalnya mata rantai, simpul dan anyaman,” tulis situs itu.

Sumber: CNET

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge