0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angin Kencang, Banyak Tenda di Arafah Roboh

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Banyak tenda jemaah haji Indonesia di Arafah roboh. Robohnya seajumlah tenda menyebabkan tertundanya mobilisasi jemaah dari Makkah ke Arafah. Tentu hal itu akan mengganggu skenario dan jadwal pemberangkatan ke Arafah.

“Pagi ini kami menerima laporan bahwa banyak tenda yang akan ditempati di jemaah kita roboh. Setelah dikonfirmasi, diketahui bahwa robohnya tenda-tenda akibat angin kencang tadi malam yang terjadi di kawasan Arafah,” kata Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, Selasa (23/9)

Akibat robohnya tenda-tenda itu, jelas Saleh, sebagian jadwal pemberangkatan jemaah ke Arafah tertunda. Tim pengawas haji DPR merasa khawatir jika penundaan tersebut dapat menyebabkan terlambatnya jemaah tiba di Arafah. Dalam suasana seperti ini, lalu lintas di kota Makkah sangat macet. Apalagi, seluruh jemaah haji sekarang sedang menuju Arafah.

Selain itu, tim pengawas haji DPR RI juga meminta agar PPIH daker Makkah mempersiapkan langkah-langkah dalam mengantisipasi cuaca tidak bersahabat. Jika hujan turun, misalnya, jemaah haji kita harus dipastikan bisa berlindung di tenda-tenda yang ada dan tidak terkena air hujan.

Sejauh pengamatan tim pengawas DPR RI, tenda-tenda yang ada baru difokuskan untuk melindungi jemaah dari teriknya matahari. Sementara perlindungan dari hujan dan angin, belum diantisipasi.

“Semestinya, Kementerian Agama bisa melakukan pembicaraan khusus dengan pihak muassasah. Topik tentang perlindungan ini bisa menjadi salah satu hal yang harus disampaikan. Pemerintah RI bisa menginisiasi pembicaraan seperti ini. Itu sangat rasional karena jumlah jemaah haji kita paling besar. Apalagi, tahun depan, kuota haji Indonesia akan bertambah 20 ribu orang,” tandasnya.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge