0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Kambing Kurban yang “Dipaksa” Dewasa

dok.timlo.net/red
Pedagang kambing kurban (dok.timlo.net/red)

Karanganyar —  Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Karanganyar meminta warga mewaspadai hewan tak layak kurban. Disnakan menengarai adanya kambing yang dipaksa dewasa sebelum waktunya.

“Pada umumnya kambing yang sudah dewasa atau poel itu berumur lebih dari satu tahun ditandai dengan adanya gigi yang tanggal,” kata Staf Kesehatan Hewan (Keswan) Disnakkan Karanganyar, Faturrahman, Selasa (22/9).

Namun, lanjut Faturahman, ada sebagaian pedagang nakal yang memaksa kambing yang belum poel dengan memukul gigi seri muda dengan palu. Tindakan ini dilakukan agar kambing yang belum dewasa atau poel terlihat dewasa karena giginya sudah tanggal.

“Praktik ini harus diwaspadai namun sulit untuk membuktikannya,” jelas Faturahman.

Menanggalkan gigi menggunakan palu biasanya meninggalkan bekas luka pada gusi. Berbeda dengan tanggalnya gigi hewan secara alami yang tidak meninggalkan bekas luka.

“Sebelum tanggal sendiri, biasanya sudah tumbuh gigi baru. Kalau tanggalnya dipaksakan, biasanya pertumbuhan gigi baru perlu waktu 2-3 hari,” jelas Fatur.

Untuk mengungkap praktik nakal seperti ini memang sulit. Karena pedagang tidak akan mengijinkan petugas memeriksa kambing yang diindikasikan belum dewasa namun dipaksa dewasa. Namun hanya pedagamg tertentu yang menggunakan modus seperti itu.

“Beberapa tahun lalu memang pernah ada, tapi tahun ini belum menemukan praktik seperti itu,” jelas Fatur.

Faturrahman menghimbau agar para pembeli hewan kurban lebih teliti dalam memebeli. Pastikan hewan yang dibeli memang benar-benar layak dan memenuhi syariat untuk kurban.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge