0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Bencana Sepanjang Tahun Warga Plesungan

Tempat Pembuangan Akhir sampah Putri Cempo ()

Karanganyar  – Warga Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar yang berdomisili di sekitar tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo harus menerima kenyataan berkutat dengan bencana sepanjang tahun. Selain asap akibat kebakaran, setiap musim hujan bau menyengat juga menyergap setempat.

“Kami ini tiap hari terkena bencana, padahal kami juga tidak memperoleh keuntungan apa-apa dari Putri Cempo,” kata salah satu warga Plesungan, Budi, Selasa (22/9).

Budi menceritakan, bencana kebakaran TPA milik Kota Solo itu hampir terjadi setiap datangnya musim kemarau. Asapnya tebal selalu menyergap saat angin berembus ke utara. Banyak warga, terutama anak-anak dan orang tua terpaksa mengungsi ke rumah saudara yang lebih aman.

“Tiap musim kemarau mesti terbakar. Saya tidak tahu itu disengaja atau tidak,” katanya.

Selain itu, lanjut Budi, setiap datang musim hujan, bau menyengat kembali menyergap akibat sampah busuk. Namun meski beraroma tidak sedap biasanya warga lebih memilih bertahan di rumah masing-masing daripada mengungsi mengungsi ke tempat saudara.

“Ibaratnya kami ini sepanjang tahun harus berhadapan dengan bencana,” jelas Budi.

Budi mengaku tidak punya pilihan lain untuk pindah ke lokasi lain. Menurutnya, sejak kecil dia sudah tinggal di desa Plesungan. Dan yang dia tinggali sekarang ini merupakan rumah satu-satunya yang dia miliki.

“Mau pindah kemana lagi, rumahnya ya cuma ini,” kata Budi.

Dia berharap ada penanganan yang serius dari Pemkot Solo mengatasi masalah ini karena dampaknya justru lebih banyak warga Karanganyar yang terkena akibatnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge