0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wagub : Angka Kemiskinan Sragen dan Klaten Masih Merah

timlo.net/agung widodo

Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko (tengah) ketika meninjau Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kabupaten Sragen, Selasa (22/9).

Sragen – Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko menyebut ada dua kabupaten di eks Karesidenan Surakarta yang bernilai merah dalam bidang kemiskinan. Pihaknya sudah memetakan 35 kabupaten dan kota di Jateng berdasarkan angka kemiskinan.

“Kita sudah petakan untuk 35 kabupaten atau kota di Jateng, walau angka tersebut memang masih bisa diperdebatkan,” kata Heru saat ditemui usai meninjau Kantor Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kabupaten Sragen, Selasa (22/9).

Heru mengatakan, kedua kabupaten di eks Karesidenan Surakarta yang masih punya nilai merah itu adalah Klaten dan Sragen. Selain itu masih ada 13 kabupaten/kota lain di Jateng yang juga punya nilai merah. Sedangkan kabupaten termasuk bernilai kuning terdapat di Surakarta, Boyolali, Karanganyar dan Wonogiri. Sementara Sukoharjo adalah satu-satunya di eks Karesidenan Surakarta yang tingkat kemiskinannya paling sedikit atau bernilai hijau.

Namun Heru mengakui data yang dipakai untuk klasifikasi kemiskinan di Jateng tersebut masih menggunakan data tahun 2013 bulan September. Untuk data tahunan sendiri menurut Heru belum ada, termasuk data terakhir hingga tahun 2015 ini.

“Kalau urutan tingkat Jateng memang itu tadi, tapi kita belum punya data terakhir,” ujar Heru yang juga sebagai wakil Gubernur Jateng tersebut.

Heru menambahkan, salah satu kunci untuk menanggulangi kemiskinan adalah harus ada koordinasi dan sinergi antara pemprov dan daerah. Kalau itu berjalan, dia percaya masalah kemiskinan di Jateng bakal teratasi. Sampai akhir masa kepemimpinan Ganjar Pranowo- Heru Sudjatmoko, dia menargetkan angka kemiskinan bisa turun hingga 6 persen dibanding lima tahun sebelumnya.

“Targetnya turun 6 persen atau paling tidak 4 persen, salah satunya adalah dengan cara membagun sinergi dengan kabupaten dan kota di Jateng,” kata Heru.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge