0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubernur Perintahkan Racuni Anjing Jalanan

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Gubernur Made Mangku Pastika memerintahkan warga untuk mengeliminasi (peracunan) anjing yang berkeliaran. Sejauh ini pemerintah sudah jor-joran melakukan eliminasi kepada anjing yang berkeliaran di permukiman.

Tidak ada alasan bagi pemilik anjing untuk melawan jika kedapatan anjingnya dieliminasi, karena kedapatan berkeliaran di luar rumah.

“Saya imbau kepada warga, bantu lakukan eliminasi terhadap anjing yang berkeliaran,” tegas Mangku Pastika, Selasa (22/9).

Dirinya juga sangat khawatir dengan merebaknya kasus gigitan anjing dan rabies di Bali. Karenanya, dikatakan Pastika bahwa hal ini juga perlu kesadaran masyarakat untuk turut membantu mencegah merebaknya kasus ini.

“Mana yang lebih kita cintai, anjingnya atau manusianya. Kalau tidak mau dieliminasi, jangan biarkan anjing peliharaan berkeliaran di luar. Akan bahaya anjing Anda tertular rabies dan akhirnya menularkan seiisi rumah serta warga sekitar,” paparnya.

Tidak hanya mengikat anjing di rumah, tetapi diharapkan agar memberikan vaksin secara rutin. Menurutnya, berapa banyak pun Vaksin Anti Rabies (VAR) disediakan, maka hal itu tetap tak akan cukup mengatasi penyebaran rabies di Bali. Penyebabnya adalah belum tumbuhnya kesadaran di masyarakat mengenai pentingnya menjaga diri dari virus yang telah banyak merenggut nyawa warga Bali itu.

Mantan Kapolda Bali ini melanjutkan, populasi anjing di Bali masih cukup tinggi hingga berkisar ratusan ribu ekor.

“Populasi anjing kita lebih dari 400 ribu. Mau gimana mengendalikannya kalau tidak dieliminasi. Kita sudah menghabiskan uang banyak sekali sejak berkembangnya rabies di Bali. Kalau ada anjing di luar berkeliaran, tolong eliminasi saja,” jelas Pastika.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge