0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Internet Sehat Bikin Hebat

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) internet (dok.merdeka.com)

Karanganyar — Mengurangi dampak buruk internet bagi anak-anak dan remaja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika mengadakan seminar bertema “Internet Sehat Bikin Hebat”, yang diadakan di aula Kantor Kelurahan Delingan, Senin (21/9).

“Diikuti berbagai kalangan tapi mayoritas usia remaja dan sekolah, serta sebagian dari unsur perangkat desa dan PKK,” kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar Bambang Sugito.

Bambang mengatakan, generasi muda utamanya anak-anak usia sekolah, harus mendapat pemahaman dan bimbingan yang benar agar dapat memanfaatkan internet secara sehat.

“Jika tidak hati-hati, generasi muda bisa terjerumus dalam candu pornografi, drugs, game addiction, menjadi korban dan pelaku tindakan bully melalui internet. Nasib anak-anak kita ada dalam sebuah genggaman, HP ditangannya,” katanya.

Kepandaian anak-anak mengenai tekhnologi informasi ini bahkan terkadang bagi sebagian orang tua menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

“Alih-alih memberi rambu-rambu dan arah, kadang orang tua atas alasan kesibukan justru menyerahkan sepenuhnya kebebasan anak-anak mereka berselancar di dunia maya,” ujar Bambang.

Dikatakannya lebih lanjut, dunia cyber menawarkan berbagai kemanfaatan dengan fitur-fitur canggihnya, akan tetapi juga menghadirkan “predator” yang siap menelan anak-anak kita.

Pembicara seminar, Eko Supriyadi, menghimbau agar anak dan remaja selalu didampingi oleh orang tuanya. Serta jangan mudah percaya dengan seseorang yang belum atau baru dikenal melalui media sosial, jangan mengumbar identitas diri kepada orang lain, dan jangan mengunduh atau mengunggah foto atau video yang melanggar norma susila.

“Pemerintah perlu mendorong upaya-upaya penyadaran melalui kegiatan semacam ini di seluruh pelosok daerah, agar generasi penerus mampu tumbuh menjadi generasi hebat dan sanggup melanjutkan kepemimpinan yang tangguh di masa yang akan datang,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge