0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penjual Hewan Kurban Laris Manis

Penjual hewan kurban di Jalan Lawu, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadia)

Karanganyar — Beberapa hari menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha, sejumlah pedagang musiman hewan kurban marak membuka lapaknya di sepanjang jalan protokol di Karanganyar. Seperti terlihat di sepanjang jalan Lawu di daerah Jaten hingga Papahan.

“Ya, semakin dekat dengan hari raya (Idul Adha) semakin banyak saja yang mencari kambing,” kata Mario, pedagang kambing yang membuka lapaknya di Jalan Lawu, sekitar Papahan, Senin (21/9).

Mario menuturkan, penjualan jelang Idul Adha cukup bagus. Sekitar tiga sampai empat ekor kambing asal peternakan Wuryantoro, Wonogiri ini laku terjual tiap hari.

“Paling mahal mencapai Rp 3,1 juta per ekor. Tentu saja yang bagus dan beratnya sampai setengah kuintal. Kalau ukuran biasa, paling murah Rp 1,8 juta per ekor,” katanya.

Mario sengaja menjual kambing-kambingnya di tepi Jalan Lawu agar mudah dilihat calon pembeli alih-alih memasarkannya di kampung halaman. Menurutnya, geliat pasar hewan di Wonogiri tersebut tak banyak menjanjikan keuntungan.

“Di sini, pembeli dapat menitipkan dulu kambingnya sampai menjelang Idul Adha. Baru kemudian diambil. Tidak dikenakan biaya ekstra. Paling-paling diberi makan daun saja dan minum,” terangnya.

Terkait hewan yang belum poel, salah satu pedagang kambing di Jalan Raya Solo-Tawangmangu, Azhar, mengaku pembeli yang mampir ke lapaknya tidak selalu mencari hewan untuk kurban. Sejumlah calon pembeli adalah pedagang sate. Harga satu ekor kambing miliknya Rp 1,7 juta-Rp 1,8 juta.

“Enggak semua pembeli ingin domba poel. Ada pelanggan itu penjual sate. Dia butuh kambing muda,” kilahnya.

Hal senada disampaikan Suparmi. Dia membeli kambing dari Wonogiri. Dia mengatakan akan tetap menjual kambing miliknya meskipun belum poel. Dia berpendapat bahwa apabila usia kambing lebih dari satu tahun dan postur tubuh besar maka layak menjadi hewan kurban.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge