0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

24 Pemantau Hewan Kurban Siaga di 12 Kecamatan

timlo.net/putra kurniawan

Pemeriksaan hewan kurban oleh petugas dari Dispertan

Sukoharjo — Dinas Pertanian Sukoharjo mulai menyebar petugas pemantau hewan kurban ke 12 kecamatan mulai, Senin (21/9). 24 Petugas ini bertugas memastikan seluruh hewan kurban yang akan disembelih layak, sehat dan memenuhi syarat.

“Sebelum pelaksanaan, petugas nantinya akan memantau ke para penjual atau pengepul hewan kurban yang ada di masing-masing kecamatan. Setelah dipotong mereka juga bertugas memeriksa dagingnya dalam kondisi baik dan layak konsumsi,” kata Kepala Dinas Pertanian, Netty Hardjanti, Senin (21/9).

Sejauh ini, dari hasil pantauan petugas di lapangan, kondisi hewan kurban di Sukoharjo aman dan bebas dari penyakit berbahaya. Meskipun ada beberapa hewan kurban yang mengalami sakit mata dan cacingan. Namun setelah diobati dua hari sudah sembuh karena bukan termasuk penyakit berbahaya.

Selain memantau kondisi fisik hewan kurban, Dispertan juga melakukan pendataan jumlah hewan kurban setiap tahunnya. Untuk tahun 2014 sebanyak 5.600 ekor sapi dan 11 ribu ekor kambing kurban yang disembelih, sedangkan untuk tahun ini diprediksi sedikit menurun karena beberapa penjual mengaku tidak seramai tahun sebelumnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge