0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Pencurian Hewan Kurban, Polisi Patroli ke Kandang

Kandang sapi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali —  Menjelang Hari Raya Idul Adha, jajaran Polsek Boyolali Kota lebih mengintensifkan patroli keamanan. Tidak hanya di pasar-pasar hewan, namun juga langsung ke rumah-rumah pedagang besar. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak pencurian dan penipuan menjelang kurban.

“Kita sosialisasikan ke pedagang sapi dan kambing untuk tidak percaya begitu saja dengan pembeli, apalagi yang baru dikenalnya,” ujar Kapolsek Boyolali Kota AKP Miftakhul Huda, Senin (21/9).

Sementara modus yang dilakukan pembeli, imbuh Kapolsek, biasanya berpura-pura hendak membeli sapi atau kambing. Untuk menyakinkan pedagang, pelaku biasanya memberikan uang muka dan berjanji akan datang melunasi setelah dua hari. Namun setelah ditunggu, ternyata pelaku tidak datang.

“Sapi sudah dibawa, pelaku dihubungi sudah tidak bisa, modusnya seperti itu,” tambahnya.

Namun sejauh ini, pihaknya belum menerima laporan terkait penipuan dengan modus pura-pura membeli. Selain penipuan, Kapolsek juga meminta agar pedagang lebih berhati-hati untuk mengantisipasi tindak pencurian. Pasalnya, kebanyakan pedagang menyimpan ternak lebih dari lima ekor. Hal ini dikarenakan, pembeli memilih mengambil sapi atau kambing mendekati Idul Adha.

“Kalau untuk keamanan tetap kita jaga, nanti H-1 langsung kita antar ke tempat pembeli,” ujar pedagang sapi, Joko Suyahman, warga Kebonso, Pulisen, Kota.

Diakui, saat ini ada 30-an sapi milik pembeli di kandangnya. Sapi-sapi tersebut diletakkan di kandang yang menyatu dengan rumah induk, sehingga keamanan bisa lebih terjaga.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge