0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dispertan Klaten Perketat Pengawasan Hewan Kurban

dok.timlo.net.aditya wijaya
(dok.timlo.net.aditya wijaya)

Klaten — Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten semakin mengintensifkan pengawasan terhadap hewan kurban. Mereka bakal menerjunkan Tim Pengawas dan Pemeriksaan Hewan Kurban hingga tiga hari paska Idul Adha.

“Pengawasan dilakukan sejak tujuh hari (H-7) sebelum hari raya hingga berakhirnya hari tasyrik (H+3 Idul Adha),” ujar Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Klaten Sri Muryani, Seni (21/9).

Pihaknya juga memperketat pengawasan daerah perbatasan. Selain memantau lalulintas hewan, pengawasan dilakukan untuk mencegah masuknya penyakit berbahaya yang dibawa oleh ternak.

“Pengawasan dilakukan pada daerah yang berbatasan dengan Boyolali dan Yogyakarta. Selain pengawasan di daerah perbatasan, kami juga memantau daerah sentra peternakan sapi,” katanya.

Pengawasan ini, lanjutnya, dilakukan untuk memantau dan mencegah masuknya penyakit berbahaya yang dibawa oleh hewan ternak seperti anthrax. Sehingga setiap penjualan hewan ternak, baik dari dalam maupun luar daerah harus disertai dengan surat dari Dispertan.

“Setiap hewan dari Klaten yang akan keluar daerah akan dibekali dengan surat keterangan dari kami. Begitu pula sebaliknya, hewan yang berasal dari luar daerah juga harus disertai dengan surat serupa,” tambah Muryani.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge