0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

APK-nya Rusak, PDIP: Itu Tanggung Jawab KPU

dok.timlo.net/daryono
Putut Gunawan (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Tim Pemenangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo enggan mengganti alat peraga kampanye (APK) yang rusak akibat kesengajaan. Penggantian APK semestinya menjadi tanggung jawab dan kewenangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo.

“APK itu semuanya milik KPU. Maka pengawasan dan perawatan sepenuhnya menjadi tanggung jawab KPU,” kata Ketua Tim Pemenangan Rudy-Purnomo, Putut Gunawan kepada wartawan, Senin (21/9).

Hal itu disampaikan Putut menanggapi pertanyaan wartawan tentang sejumlah APK Rudy-Purnomo yang rusak. Di sisi lain, KPU menyatakan tidak akan mengganti APK rusak akibat unsur kesengajaan.

Putut mengakui, dalam kesepakatan antara KPU dan tim pemenangan disepakati APK yang rusak akibat force major bakal diganti. Tetapi, seingat Putut, tidak ada kesepakatan yang membahas penggantian APK akibat kesengajaan oknum.

“Kami tidak perlu lapor. APK itu kan milik KPU. Kami menyayangkan adanya APK rusak dan berharap KPU memperbaikinya. Meskipun melihat sistem penganggaran, hal itu nampaknya susah dilakukan,” bebernya.

Lebih lanjut, Putut juga memastikan pihaknya tidak akan mengganti APK yang rusak. Meskipun, KPU mempersilakan mengganti secara mandiri.

“Kalau kami harus mengganti ya justru aneh. Mestinya KPU. Kalau KPU tidak mau mengganti ya biarin saja,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge