0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi akan Buka Peringatan Hari Pengurangan Resiko Bencana

Presiden Jokowi (dok.merdeka.com)

Klaten —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana yang dipusatkan di Kota Solo.

“Peringatan Risiko Bencana akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober di The Sunan Hotel, Kota Surakarta. Kemudian pada 18 Oktober ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla,” kata Kepala Sub Direktorat Peran Masyarakat Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pangarso Suryotomo, di Klaten, Senin (21/9).

Dikatakan, peringatan Hari Pengurangan Resiko Bencana Internasional ditetapkan UNISDR PBB tiap 13 Oktober. Sedangkan di Indonesia telah menjadi agenda nasional yang diperingati sejak 2011.

Selain Resik-Resik Bengawan Solo, juga akan diselenggarakan pagelaran wayang di Benteng Vastenberg pada 16 Oktober. Pagelaran wayang dengan dalang Ki Warseno “Slank” Harjodarsonodi ini sebagai bentuk sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana kepada masyarakat melalui pendekatan budaya.

“Selama tiga hari (16-18/10), juga  juga akan berlangsung pertemuan-pertemuan terkait pengurangan risiko bencana yang diharapkan dapat diformulasikan dalam ‘Deklarasi Solo.’ Deklarasi ini akan menjadi komitmen bersama dalam pengurangan risiko bencana di Indonesia guna mendukung pencapaian sasaran dalam RPJMN 2015-2019 dalam bidang penanggulangan bencana,” imbuh Pangarso.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge