0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jamaah Haji Khusus Diinapkan di Rumah Sewa?

dok.merdeka.com

Masjidil Haram

Timlo.net – Pelayanan terhadap jamaah haji khusus ditengarai tidak memuaskan. Kalangan DPR menemukan jamaah haji khusus ditempatkan di rumah sewa yang tidak layak di daerah Umm al-Jud.

“Kelihatannya, fasilitas yang mereka terima tidak sesuai dengan pembayaran yang mereka keluarkan. Umm al-Jud itu sangat jauh dari Masjidil Haram, kurang lebih 15 Km. Dipastikan, jamaah itu sangat jarang bisa mengejar ibadah di masjid suci tersebut,” kata Ketua Komisi VIII Saleh Partaonan Daulay, Senin (21/9).

Selain meminta memantau pelayanan bagi haji khusus, Daulay mengharapkan Kementerian Agama memberikan pembinaan dan perlindungan bagi mereka lantaran rawan terkena tipu. Apalagi, menurutnya, pola pelayanan jamaah haji khusus tetap saja ada orientasi bisnis di dalamnya.

“Menurut informasi yang dihimpun oleh tim pengawas haji DPR RI, modus yang digunakan oleh penyedia jasa layanan haji khusus berbeda-beda. Salah satu di antaranya adalah menempatkan para jamaah mereka di hotel bintang lima untuk 2-3 malam. Setelah itu, jamaah akan dipindahkan ke rumah atau apartemen sewaan,” jelasnya.

“Mereka di sana hanya untuk sekedar transit. Faktanya, jamaah tersebut bisa menetap antar 10-12 hari. Padahal kalau transit kan cukup satu malam saja. Tapi kok ini bisa sampai 12 hari? Mana layanan khususnya?” ujarnya.

Ia menuturkan bahwa pengelolaan haji khusus belum banyak dimanfaatkan masyarakat di tanah air. Meskipun demikian, ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati sebelum memutuskan memilih biro perjalanan yang akan menguruskan perjalanan ibadah hajinya.

“Sebab bayaran yang mahal tidak selamanya mendapatkan pelayanan yang terbaik. kami lihat kemarin, kualitas pemondokan mereka jauh dari pemondokan jamaah reguler. Selain jauh, fasilitas yang ada juga tidak memuaskan, kamar mandinya kotor dan tempat tidurnya juga tidak standar,” jelas dia.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge