0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Hutan Telan Kerugian Rp 225 Juta

timlo.net/agung widodo

Petugas bersama warga berusaha mematikan sisa-sisa api di hutan jati Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Jumat (18/9).

Sragen – Kebakaran hutan jati di Kecamatan Gondang dan Sambirejo, Sragen pada Jumat (18/9) lalu menelan kerugian sekitar Rp 225 juta. Hal itu diketahui setelah pihak desa dan kecamatan melakukan pendataan menyeluruh paska terjadinya kebakaran yang nyaris melahap hutan jati seluas 30 hektar tersebut.

“Beruntungnya kebakaran tidak sampai merembet ke rumah warga,” kata Kepala Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Heru Setyawan, Minggu (20/9).

Wawan, panggilan akrabnya, menjelaskan, selain kerugian tersebut kebakaran juga menghanguskan 4.430 pohon jati yang ada di dua lokasi. Hutan jati yang terbakar akibat cuaca panas itu sendiri berada di Dukuh Suko RT 17 dan Dukuh Paingan RT 18 Desa Tegalrejo serta sebagian di Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo.

Lebih lanjut dikatakan Wawan, hutan dengan luas total 100 hektar tersebut merupakan milik 22 orang. Kendati milik perorangan, namun lokasi yang terbakar itu termasuk program dari Kementerian Kehutanan yang pada tahun 2005 lalu pernah menjadi juara nasional hutan rakyat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge